Admin
Admin Bapak Drama | Gudangnya Drama Korea dan Drama China Subtitle Indonesia

Apa itu Cryptocurrency ?

Apa itu Cryptocurrency ?


Cryptocurrency adalah mata uang digital atau bisa juga disebiut mata uang virtual yang dirancang untuk berfungsi sebagai media pertukaran. Ini menggunakan kriptografi untuk mengamankan dan memverifikasi transaksi serta untuk mengontrol penciptaan unit baru mata uang digital tertentu. Pada dasarnya, cryptocurrency adalah entri terbatas dalam database yang tidak dapat diubah oleh siapa pun kecuali kondisi tertentu terpenuhi.

Sejarah Cryptocurrency


Ada banyak upaya untuk menciptakan mata uang digital selama booming teknologi 90-an, dengan sistem seperti Flooz, Beenz dan DigiCash muncul di pasar tetapi pasti gagal. Ada banyak alasan untuk kegagalan mereka, seperti penipuan, masalah keuangan, dan bahkan gesekan antara karyawan perusahaan dan bos mereka.

Khususnya, semua sistem tersebut menggunakan pendekatan Pihak Ketiga Tepercaya, yang berarti bahwa perusahaan di belakang mereka memverifikasi dan memfasilitasi transaksi. Karena kegagalan perusahaan-perusahaan ini, penciptaan sistem kas digital dipandang sebagai penyebab yang hilang untuk waktu yang lama.

Kemudian, pada awal 2009, seorang programmer anonim atau sekelompok programmer di bawah alias Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin. Satoshi menggambarkannya sebagai 'sistem uang tunai elektronik peer-to-peer.' Ini sepenuhnya terdesentralisasi, artinya tidak ada server yang terlibat dan tidak ada otoritas pengendali pusat. Konsep ini sangat mirip dengan jaringan peer-to-peer untuk berbagi file.

Salah satu masalah terpenting yang harus dipecahkan oleh jaringan pembayaran adalah pengeluaran ganda. Ini adalah teknik penipuan menghabiskan jumlah yang sama dua kali. Solusi tradisional adalah pihak ketiga yang tepercaya - server pusat - yang menyimpan catatan saldo dan transaksi. Namun, metode ini pada dasarnya memerlukan otoritas untuk mengendalikan dana Anda dan dengan semua detail pribadi Anda.

Dalam jaringan terdesentralisasi seperti Bitcoin, setiap peserta perlu melakukan pekerjaan ini. Ini dilakukan melalui Blockchain - buku besar publik dari semua transaksi yang pernah terjadi dalam jaringan, tersedia untuk semua orang. Karena itu, semua orang di jaringan dapat melihat saldo setiap akun.

Setiap transaksi adalah file yang terdiri dari kunci publik pengirim dan penerima (alamat dompet) dan jumlah koin yang ditransfer. Transaksi juga harus ditandatangani oleh pengirim dengan kunci pribadi mereka. Semua ini hanyalah kriptografi dasar. Akhirnya, transaksi disiarkan di jaringan, tetapi perlu dikonfirmasi terlebih dahulu.

Dalam jaringan cryptocurrency, hanya penambang yang dapat mengkonfirmasi transaksi dengan memecahkan teka-teki kriptografi. Mereka mengambil transaksi, menandainya sebagai sah dan menyebarkannya ke seluruh jaringan. Setelah itu, setiap node jaringan menambahkannya ke basis datanya. Setelah transaksi dikonfirmasi itu menjadi tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat dikembalikan dan seorang penambang menerima hadiah, ditambah biaya transaksi.

Pada dasarnya, setiap jaringan cryptocurrency didasarkan pada konsensus absolut dari semua peserta mengenai keabsahan saldo dan transaksi. Jika node jaringan tidak setuju pada satu keseimbangan, sistem pada dasarnya akan rusak. Namun, ada banyak aturan yang dibuat sebelumnya dan diprogram ke dalam jaringan yang mencegah hal ini terjadi.

Cryptocurrency disebut demikian karena proses menjaga konsensus dipastikan dengan kriptografi yang kuat. Ini, bersama dengan faktor-faktor yang disebutkan di atas, membuat pihak ketiga dan kepercayaan buta sebagai sebuah konsep benar-benar berlebihan.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan cryptocurrency


Beli barang

Di masa lalu, mencoba menemukan pedagang yang menerima mata uang kripto sangat sulit, jika bukan tidak mungkin. Namun, belakangan ini situasinya benar-benar berbeda.

Ada banyak pedagang - baik online maupun offline - yang menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran. Mulai dari pengecer online besar-besaran seperti Overstock dan Newegg hingga toko-toko kecil setempat, bar dan restoran. Bitcoin dapat digunakan untuk membayar hotel, penerbangan, perhiasan, aplikasi, bagian komputer, dan bahkan gelar sarjana.

Mata uang digital lainnya seperti Litecoin, Ripple, Ethereum dan sebagainya belum diterima secara luas. Segala sesuatunya berubah menjadi lebih baik, dengan Apple telah memberi otorisasi setidaknya 10 cryptocurrency berbeda sebagai bentuk pembayaran yang layak di App Store.

Tentu saja, pengguna cryptocurrency selain Bitcoin selalu dapat menukar koin mereka dengan BTC. Selain itu, ada situs web yang menjual Kartu Hadiah seperti Gift Off, yang menerima sekitar 20 cryptocurrency yang berbeda. Melalui kartu hadiah, Anda pada dasarnya dapat membeli apa pun dengan mata uang digital.

Akhirnya, ada pasar seperti Bitify dan OpenBazaar yang hanya menerima cryptocurrency.

Investasi

Banyak orang percaya bahwa cryptocurrency adalah peluang investasi terpanas saat ini tersedia. Memang, ada banyak kisah orang menjadi jutawan melalui investasi Bitcoin mereka. Bitcoin adalah mata uang digital yang paling dikenal hingga saat ini, dan tahun lalu satu BTC dihargai $ 800. Pada November 2017, harga satu Bitcoin melebihi $ 7.000.

Ethereum, mungkin cryptocurrency paling bernilai kedua, telah mencatat kenaikan tercepat yang pernah ditunjukkan oleh mata uang digital. Sejak Mei 2016, nilainya meningkat setidaknya 2.700 persen. Ketika datang ke semua cryptocurrency digabungkan, kapitalisasi pasar mereka melonjak lebih dari 10.000 persen sejak pertengahan 2013.

Namun, perlu dicatat bahwa cryptocurrency adalah investasi berisiko tinggi. Nilai pasar mereka berfluktuasi tidak seperti aset lainnya. Selain itu, sebagian tidak diatur, selalu ada risiko mereka akan dilarang di yurisdiksi tertentu dan setiap pertukaran cryptocurrency berpotensi diretas.

Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam cryptocurrency, Bitcoin jelas masih yang dominan. Namun, pada 2017 bagiannya di pasar crypto telah turun secara dramatis dari 90 persen menjadi hanya 40 persen. Ada banyak pilihan saat ini tersedia, dengan beberapa koin yang berfokus pada privasi, yang lain kurang terbuka dan terdesentralisasi daripada Bitcoin dan beberapa hanya langsung menyalinnya.

Meskipun sangat mudah untuk membeli Bitcoin - ada banyak pertukaran yang memperdagangkan BTC - cryptocurrency lainnya tidak semudah untuk didapatkan. Meskipun, situasi ini secara perlahan membaik dengan pertukaran besar seperti Kraken, BitFinex, BitStamp dan banyak lainnya mulai menjual Litecoin, Ethereum, Monero, Ripple dan sebagainya. Ada juga beberapa cara lain untuk menjadi koin, misalnya, Anda dapat berdagang langsung dengan penjual atau menggunakan ATM Bitcoin.

Setelah Anda membeli mata uang digital, Anda perlu cara untuk menyimpannya. Semua pertukaran utama menawarkan layanan dompet. Tetapi, meskipun mungkin tampak nyaman, yang terbaik adalah jika Anda menyimpan aset Anda di dompet offline di hard drive Anda, atau bahkan berinvestasi dalam dompet perangkat keras. Ini adalah cara paling aman untuk menyimpan koin Anda dan memberi Anda kendali penuh atas aset Anda.

Seperti halnya investasi lainnya, Anda harus memperhatikan nilai pasar cryptocurrency dan berita apa pun yang terkait dengannya. Coinmarketcap adalah solusi satu atap untuk melacak harga, volume, pasokan sirkulasi, dan kapitalisasi pasar dari cryptocurrency yang ada.

Bergantung pada yurisdiksi tempat Anda tinggal, setelah Anda mendapat untung atau rugi dalam berinvestasi dalam cryptocurrency, Anda mungkin perlu memasukkannya dalam laporan pajak Anda. Dalam hal perpajakan, cryptocurrency diperlakukan sangat berbeda dari satu negara ke negara. Di AS, Internal Revenue Service memutuskan bahwa Bitcoin dan mata uang digital lainnya akan dikenakan pajak sebagai properti, bukan mata uang. Untuk investor, ini berarti bahwa keuntungan dan kerugian jangka panjang yang diperoleh dari perdagangan cryptocurrency dikenai pajak pada tingkat keuntungan modal masing-masing investor, yang maksimum 15 persen.

Menambang (Mining)

Penambang adalah bagian terpenting dari semua jaringan cryptocurrency, dan seperti halnya perdagangan, penambangan adalah investasi. Pada dasarnya, para penambang menyediakan layanan pembukuan untuk komunitas masing-masing. Mereka menyumbangkan kekuatan komputasi mereka untuk memecahkan teka-teki kriptografi yang rumit, yang diperlukan untuk mengonfirmasi transaksi dan mencatatnya dalam buku besar publik yang didistribusikan yang disebut Blockchain.

Salah satu hal yang menarik tentang penambangan adalah bahwa kesulitan teka-teki terus meningkat, berkorelasi dengan jumlah orang yang mencoba menyelesaikannya. Jadi, semakin populer suatu cryptocurrency menjadi, semakin banyak orang mencoba untuk menambangnya, semakin sulit prosesnya.

Banyak orang telah menghasilkan banyak uang dengan menambang Bitcoin. Dulu, Anda bisa mendapat untung besar dari menambang hanya dengan menggunakan komputer, atau bahkan laptop yang cukup kuat. Saat ini, penambangan Bitcoin hanya dapat menguntungkan jika Anda bersedia berinvestasi dalam perangkat keras penambangan kelas industri. Ini, tentu saja, menimbulkan tagihan listrik besar di atas harga semua peralatan yang diperlukan.

Saat ini, Litecoin, Dogecoin dan Feathercoins dikatakan sebagai cryptocurrency terbaik dalam hal efektif biaya bagi pemula. Misalnya, pada nilai Litecoin saat ini, Anda mungkin mendapatkan apa pun mulai dari 50 sen hingga 10 dolar sehari hanya menggunakan perangkat keras tingkat konsumen.

Tetapi bagaimana para penambang mendapat untung? Semakin banyak daya komputasi yang mereka kumpulkan, semakin banyak peluang yang mereka miliki untuk memecahkan teka-teki kriptografi. Setelah seorang penambang berhasil memecahkan teka-teki, mereka menerima hadiah serta biaya transaksi.

Ketika mata uang kripto menarik lebih banyak minat, penambangan menjadi lebih sulit dan jumlah koin yang diterima sebagai hadiah menurun. Misalnya, ketika Bitcoin pertama kali dibuat, hadiah untuk penambangan yang berhasil adalah 50 BTC. Sekarang, hadiahnya adalah 12,5 Bitcoin. Ini terjadi karena jaringan Bitcoin dirancang sehingga hanya ada total 21 juta koin yang beredar.

Hingga November 2017, hampir 17 juta Bitcoin telah ditambang dan didistribusikan. Namun, karena hadiah akan menjadi lebih kecil dan lebih kecil, setiap Bitcoin yang ditambang akan menjadi lebih bernilai secara eksponensial.

Semua faktor itu membuat cryptocurrency penambangan menjadi perlombaan senjata yang sangat kompetitif yang memberi penghargaan bagi pengguna awal. Namun, tergantung di mana Anda tinggal, keuntungan yang dihasilkan dari penambangan dapat dikenakan pajak dan peraturan Pengiriman Uang. Di AS, FinCEN telah mengeluarkan panduan, yang dengannya penambangan cryptocurrency dan menukarnya dengan mata uang tetap dapat dianggap sebagai pengiriman uang. Ini berarti bahwa penambang mungkin perlu mematuhi undang-undang dan peraturan khusus yang berhubungan dengan jenis kegiatan ini.

Terima sebagai pembayaran (untuk bisnis)

Jika Anda memiliki bisnis dan kebetulan mencari calon pelanggan baru, menerima cryptocurrency sebagai bentuk pembayaran dapat menjadi solusi bagi Anda. Minat terhadap cryptocurrency tidak pernah lebih tinggi dan hanya akan meningkat. Seiring dengan meningkatnya minat, juga menumbuhkan jumlah crypto-ATM yang berlokasi di seluruh dunia. Coin ATM Radar saat ini mencantumkan hampir 1.800 ATM di 58 negara.

Pertama-tama, Anda harus memberi tahu pelanggan bahwa bisnis Anda menerima koin crypto. Cukup dengan memasang tanda di kasir Anda, lakukan triknya. Pembayaran kemudian dapat diterima menggunakan terminal perangkat keras, aplikasi layar sentuh atau alamat dompet sederhana melalui kode QR.

Ada banyak layanan berbeda yang dapat Anda gunakan untuk dapat menerima pembayaran dalam cryptocurrency. Misalnya, CoinPayments saat ini menerima lebih dari 75 mata uang digital yang berbeda, hanya membebankan komisi 0,5 persen per transaksi. Layanan populer lainnya termasuk Cryptonator, CoinGate dan BitPay, dengan yang terakhir hanya menerima Bitcoin.

Di AS, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya telah diakui sebagai mata uang virtual yang dapat dikonversi, yang berarti menerima mereka sebagai bentuk pembayaran persis sama dengan menerima uang tunai, emas atau kartu hadiah.

Untuk tujuan pajak, bisnis yang berbasis di AS yang menerima cryptocurrency perlu mencatat referensi penjualan, jumlah yang diterima dalam mata uang tertentu dan tanggal transaksi. Jika pajak penjualan harus dibayar, jumlah yang jatuh tempo dihitung berdasarkan nilai tukar rata-rata pada saat penjualan.

Sumber - Cointelegraph
Admin
Admin Bapak Drama | Gudangnya Drama Korea dan Drama China Subtitle Indonesia
Load comments